Cara Pemeliharaan Ikan Lele

lele-1Keberhasilan dalam pembudidayaan ikan lele sangat dipengaruhi oleh cara pemeliharaan ikan lele yang baik dan benar. Setelah kita mempelajari cara mengawinkan ikan lele selanjutnya telur telur hasil pemijahan di biarkan ditelakkan kolam, telur akan menetas 18-24 jam pasca pemijahan tergantung kualitas ikan dan suhu pada kolam. Hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan telur dan larva pada budidaya ikan lele antara lain:

1. Menjaga kondisi air pada kolam
Agar pemeliharaan ikan lele ini berhasil maka suhu air kolam harus sesuai dan oksigen yang terdapat pada air kolam harus tercukupi. Semakin tinggi suhu pada air akan mempercepat penetasan telur ikan lele menjadi larva, tetapi sebenarnya telur lele dapat menetas menjadi larva pada suhu optimum yaitu 29-310 C. Selama penetasan telur juga membutuhkan oksigen yang cukup, hal ini dapat dilakukan secara alami dengan mendekatkan telur pada permukaan air yang memiliki kandungan oksigen paling tinggi.

2. Mencegah dari serangan penyakit
Selama penetasan telur kondisi air sebagai media penetasan harus dijaga karena embrio pada telur semakin berkembang dan membesar. Serangan penyakit pada telur dan larva dapat dicegah dengan cara mengendapkan air yang akan digunakan untuk penetasan selama 3-7 hari sebelum digunakan, menabur zat anti jamur kedalam media penetasan, dan menggunakan air yang bersih dari sumber mta air maupun dari air sumur.

3. Pemberian pakan pada larva
Larva hasil penetasan sebenarnya masih membawa cadangan berupa kuning telur dan butir minyak yang bermanfaat untuk proses perkembangan organ tubuhnya. Sejalan dengan berkembangnya organ tubuh sang larva cadangan makanannyapun juga akan habis yaitu setelah larva berumur 3 hari, baru larva ikan lele diberi makanan. Makanan yang diberikan pada larvapun disesuaikan dengan kondisinya contohnya emulsi kuning telur, pada saat usia larva 6 hari diberikan pakan berupa daphnia sp (kutu ir), tubifex sp (cacing sutra), atau artemia sp. Pakan diberikan dengan frekwensi 5 kali sehari dan diusahakan tidak ada pakan yang tersisa agar air kolam tidak kotor.

Demikian cara pemeliharaan ikan lele dari setelah pemijahan atau perkawinan sampai menjadi larva, agar telur dapat menetas dengan baik dan cepat menjadi larva dan siap untuk dibesarkan dalam kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *