Hukum Khitan Dalam Islam Dan Aturannya

Islam merupakan salah satu agama yang di akui oleh Allah Swt, maka kita sebagai umat Islam nampaknya harus bangga dengan apa yang telah menjadi pedoman kita dalam kehidupan ini. Akan tetapi kita pun juga harus mentaati apa yang menjadi kehendak-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang khitan yang sekarang ini masih menjadi tanda tanya besar tentang hukum khitan dan juga aturan khitan untuk Islam itu sendiri.

Khitan dalam Islam memiliki hukum wajib, terlebih bagi kaum lelaki. Hal ini didukung oleh penjelasan Nabi Muhammad saw, yang mana Rasulullah saw sendiri juga telah menjelaskan dalam sabdanya. Khitan adalah fitrah dimana hal tersebut bisa menjadikan kita lebih bersih, yang dimaksud bersih disini adalah kita akan terhindar dari hadas besar maupun kecil.

Aturan khitan dalam Islam sendiri telah didasarkan menurut sabda Rasul antara lain

  1. Khitan ( sunat )
  2. Al-istihdad ( mencukur bulu kemaluan )
  3. Mencukur kumis yang sudah lebat
  4. Mencukur atau mencabut bulu ketiak
  5. Menggunting kuku yang sudah panjang

Semoga kita selalu menjadi umat Islam yang taat kepada aturan yang telah Allah dan RasulNYA ajarkan, walaupun beberapa orang memiliki penilaian yang berbeda terkait khitan tersebut. Namun dengan adanya sedikit penjelasan dari ulasan ini semoga anda menjadi semakin paham terkait khitan beserta hukumnya tersebut. Hukum Khitan Dalam Islam Dan Aturannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *