banyak-leleDalam pemeliharaannya ikan lele tidak lepas dari serangan hama dan penyakit. Hal ini dapat menjadi ancaman yang serius karena dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas lele yang akan dipanen sehingga hal tersebut harus diantisipasi dan ditanggulangi. Kurang pengetahuan terhadap penyakit yang menyerang ikan lele dapat menyebabkan kegagalan dan kerugian dalam pembudidayaan ikan lele saat dipanen. Untuk itu berikut penjelasan penyakit yang dapat menyerang ikan lele:

1. Bintik putih
Penyakit pada ikan lele yaitu munculnya bintik putih ini disebabkan adanya protozoa atau bakteri yaitu dari jenis ichhtyphyirus multifilis. Penyakit ini disebabkan karena buruknya kualitas air, suhu air yang terlalu dingin, dan penebaran ikan yang terlalu padat. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengambil ikan yang terinfeksidan mati kemudian menaburkan garam secukupnya, lalu melakukan sanitasi yang rutin terhadap kolam ikan selama 2-3 hari.

2. Penyakit jamur
Penyakit pada ikan lele ini ditandai dengan munculnya serabut seperti kapas yang berwarna putih, dimana penyakit ini menyerang semua jenis ikan air tawar yang sakit, ikan yangsedang dalam kondisi lemah, dan ikan yang terluka. Cara untuk mengatasi penyakit jamur ini adalah dengan mencampur bahan-bahan antara lain: 1 botol cuka, 5 liter air bersih, dan garam dapur sebanyak 1kg per 25 m2 kemudian menyiramkan bahan yang sudah dicampur tersebut pada kolam.

3. Penyakit cacar
Penyakit ini ditimbulkan oleh infeksi bakteri pseudomonas dan aromonas yang ditandai munculnya borok pada badan ikan yang berlanjut sampai rusaknya limpa, hati dan daging ikan. Penyakit ini merupakan penyakit terganas pada ikan lele untuk itu pencegahan labih diutamakan daripada mengobati ikan yang terluka. Pengobatan penyakit ini dilakukan dengan mencampur bahan antara lain garam, mengkudu, dan tumbukan daun papaya mentah kemudian menyiramkannya pada kolam.

4. Penyakit parasit
Penyakit parasit ini merusak insang dan kulit ikan lele sehingga menyebabkan pernapasan ikan lele terganggu. Ikan lele yang terkena parasit ditandai dengan keluarnya lendir dari ikan, menguncupnya sirip, warna ikan yang berubah menjadi pucat,dan turunnya nafsu makan sehingga sering menggantungkan diri dipermukaan air. Cara mengatasi penyakit tersebut dapat menggunakan entro fish, caranya dengan mencampur entro fish dengan air kedalam baskom, kemudian masukkan pakan ikan, setelah tercampur lalu jemur campuran bahan tersebut sampai berkurang kadar airnya. Pakan ikanpun siap diberikan sebagai obat dengan frekwensi 4 kali sehari.

Untuk pencegahan penyakit pada ikan lele perlu dilakukan agar peternak tidak gagal dalam usaha pembudidayaan ikan lele. Pengontrolan kebersihan, suhu, dan oksigen pada air penting dilakukan disamping mengatasi penyakit yang sudah ada dengan menggunakan bahan alami seperti garam, mengkudu, dan tumbukan daun papaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *